Rabu, 10 Desember 2008

Melintasi Utara kalimantan timur….

Melintasi Utara kalimantan timur….
Anda belum pernah ke Kalimantan Timur?
Jika Pernah, Namun apakah anda pernah ke Kalimantan Timur bagian Utara?
Jika belum dan belum mengerti jalur yang ada, maka saya beri sedikit gambaran untuk dapat jalan – jalan ke utara kalimantan timur..
1. KeTarakan….
Tarakan merupakan kota tipe sedang yang giat – giatnya berkembang, ada beberapa alternatif untuk dapat mampir dan singgah ke Tarakan. Anda dapat menggunakan jalur Darat, laut maupun udara… Jika ingin lebih menantang perjalanan anda dapat menempuh perjalanan darat melalui Samarinda dengan Bis Jurusan Berau (tanjung Redep) dan tanjung Selor, lalu anda Dapat menggunakan speed boat untuk menyebrang Ke tarakan.. untuk fasilitas Hotel yang standart dan berkocek agak tipis jangan kuatir karena sebagi daerah transit yang cukup kompetitif dalam persaingan perhotelan maka anda diberi banyak pilihan untuk menginap.
Jika anda ingin melintasi Samudra dalam perjalanan. Anda dapat menggunakan alternatif jalur Laut yakni dengan menggunakan kapal PELNI yang ada, baik TIDAR, DOBONSOLO atau yang lainnya (sesuai keadaan) Kapal PELNi ini melintasi Pelabuhan Tarakan tiga kali dalam seminggu (jadwal yang pasti kurang dimengerti, maklum Cuma sekali mencoba lewat jalur ini)
Jalur Udara juga cukup representatif dan cukup nyaman apabila anda ada keperluan yang sifatnya mendesak dan perjalanan yang cepat. Pesawat udara selalu melakukan penerbangan ke Tarakan dengan Transit ke Balikpapan. Baik dari Medan, Pekan baru, Makassar, Jogja, maupun Surabaya atau Kota – kota lainnya di Indonesia

2. Ke Nunukan?
Nunukan, jika kita berbicara nunukan maka kita pasti terbayang dengan Malaysia, ya memang nunukan merupakan Pintu Gerbang Indonesia dengan Malaysia khususnya dengan Negara bagian Sabah. Ada beberapa alternatif untuk dapat ke Nunukan, bagi orang – orang Sulawesi selatan dan tengah biasanya jalur Laut merupakan jalur yang utama, Dengan menggunakan Kapal Pelni yang ada mereka bisa mencapai nunukan. Namun bagi anda yang ingin menggunakan jalur Udara juga tidak terlalu sulit. Yakni dengan menggunakan maskapai penerbangan Ke Tarakan lalu dilanjutkan ke Nunukan, atau setelah anda via Pesawat Udara Ke Tarakan anda bisa menggunakan Speedboat ke Nunukan melalui pelabuhan Tengkayu Tarakan (kira – kira 15 Menit Dari Bandara) yang dapat ditempuh menggunakan Taksi bandara atau ojek maupun angkot.
3. Ke Malinau…
Malinau, Kabupaten Konservasi di kalimantan Timur bagian Utara. Banyak alternatif bisa ditempuh untuk kesanabaik darat, laut maupun Udara. Jika Anda ingin nuansa daratan Kalimantan yang Eksotik (jalan yang kadang Rusak, kiri kanan jalan Ilalang atau berhutan he,,he,,) anda bisa menggunakan Bis Dari Samarinda ke Tenjung Redep/Tanjung Selor lalu dilanjutkan ke Malinau. Jika Anda menggunakan jalur Udara maka anda transit Katarakan dilanjutkan dengan menggunakan pesawat Perintis (Ex. MAF) menuju Malinau. Tau bisa juga dengan melanjutkan melalui jalur Sungai dengan menggunakan speed boat di Pelabuhan Tengkayu Tarakan.
4. Ke Tanjung Selor…
Sebagai Kabupaten Induk dengan Kota – kota di sekitarnya Tanjung Selor dapat di tempuh dengan jalur Darat dengan menggunakan Bis dari Pusat Ibukota Propinsi (Samarinda) atau menggunakan pesawat udara ke Tarakan dilanjutkan menggunakan speedboat di Pelabuhan Tengkayu Tarakan ke Tanjung Selor.
5. Ke Berau???
Berau relatif lebih dekat dengan Kalimantan Timur bagian selatan. Pilihan terbayak adalah menggunakan Bis Jurusan Samarinda Tanjung Redep, atau menggunakan Pesawat Udara ditemindung Samarinda ke Kalimarau Tanjung Redep.. nah di Berau ini ada Pulau Derawan jadi ………. Silahkan klik – klik di google pasti ada yang lebih jelas….

Sumber dari Pengalaman Pribadi……


8 komentar:

~AbiyasaFathim~ mengatakan...

wah ke balikpapan aja belum apalagi balikbolakbalik..hehe..

pasti sangat menyenangkan bisa tafakur alam di sana :)

Anonim mengatakan...

kalo mo ke kalimantan timur, sang pejuang yg jadi tour guide nya saja?

Anonim mengatakan...

pengen ke Lumbis atau Long Ampung lewat Tarakan pake Boeing

Ikal's Haura mengatakan...

wah kalo ke lumbis atau long apung pke boeing mendaratnya di sungai lumbis donk he,,he,, he,,, boro 2 naek boeing, mobil aja bisa di itung jari he,,he,,,

Ikal's Haura mengatakan...

buat sari rapeeet... leh aja jadi gaet, tapi cuman bisa nganter pake motor butut he,,he,, he,,.. mobilnya masih di garadi dealer...

ian.kenshi21 mengatakan...

asik uy

Anonim mengatakan...

Kalo' ke tarakan mampir yak !!?

Anonim mengatakan...

Kalo' ke Tarakan mampir yak !!?